4 Dosen Farmasi Menjadi Pemakalah Ilmiah Dalam Seminar Nasional Yang diselenggarakan STIFAR Semarang

Semarang- Seminar nasional Farmasi dengan tema “ Immunomoulator dan Perkembagannya (manfaat & bahayanya)” yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Semarang dalam rangka Dies 10 tahun STIFAR, beberapa dosen D III farmasi menyempatkan waktunya disela-sela kesibukannya untuk menjadi pemakalah dalam beberapa rangkaian acara seminar tersebut.  Makalah yang disampaikan pada seminar nasional farmasi kali ini dapat dibagi dalam 4 bidang yaitu farmakologi, kimia, biologi, dan teknologi.  Seminar nasional farmasi ini ditujukan sebagai sarana diskusi dan komunikasi antara stakeholder, akademisi dan praktisi. Dengan menjadi pemakalah di seminar ini maka dosen-dosen D III Farmasi berkesempatan untuk berkomunikasi dengan semua lini yang terkait dengan pengembangan ilmu farmasi dan juga pengguna lulusan D III Farmasi.

Triyadi Hendra W. S. Farm.,; Indratmoko, Apt.; Rachmi Ridho, Apt.; Wahyu Kurniawan, Apt. menjadi pemakalah dalam seminar tersebut yang masuk dalam tiga bidang keilmuan yaitu farmakologi, kimia dan biologi.  Triyadi Hendra W S.Farm menjadi pemakalah dengan judul “Uji aktivitas hipoglikemik Ekstrak Etanol Daun Sawo Manila (Manilkara Acharas (MILL) Fosberg)”,dalam pelaksanaannya banyak peserta yang bertanya tentang penelitian ini yang berarti menunjukan antusiasme peserta.Wahyu Kurniawan S.Farm.,Apt menjadi pemakalah dengan judul “Upaya meningkatkan kualitas perolehan squalen pada minyak hati ikan hiu di perairan cilacap”, peserta banyak yang bertanya tentang bagaimana mendapatkan hiu tersebut.  Rachmi Ridho SF.Apt menjadi pemakalah dengan judul “ A test of antibacterial activity in volatile oil, piper aduntum L., agains stphilococus aereus and eschericihia coli and thin layered chromatography dan Indratmoko S.Farm., Apt menjadi pemakalah dengan judul “Agen anti kolesterol berbasis chitosan yang disintesis dari limbah kulit udang: uji praklinik untuk parameter kolesterol total,trigeliserida,LDL,HDL pada tikus putih jantan”.

Semoga kegiatan ini menjadi awal dan pecut semangat bagi dosen-dosen D III Farmasi untuk lebih banyak lagi melakukan penelitian yang tentunya akan berguna bagi masyarakat luas.

Written by Triyadi Hendra Wijaya, S. Farm.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

© 2016 Program Studi Farmasi | STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. All rights reserved.