Kurikulum

Kurikulum dan Pembelajaran Program Studi S1 Farmasi

1. Profil atau karakteristik (spesifikasi teknis) lulusan Program Studi.

       Lulusan Pendidikan Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap diharapkan menjadi sarjana dengan profil sebagai berikut:

  1. Sarjana farmasi yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, professional dan mandiri
  2. Ilmuwan dan peneliti di bidang farmasi
  3. Pemberi layanan di bidang farmasi yang komunikatif
  4. Pendidik dan pembelajar dalam bidang farmasi
  5. Supervisor dalam team work di bidang farmasi
  6. Entrepreneur dalam bidang farmasi

Profil sarjana farmasi yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, profesional dan mandiri: lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali ilmu soft skill yang cukup, agama, etika dan  kepemimpinan sehingga lulusan menjadi pribadi yang unggul dan siap melaksanakan pekerjaan dan bersosialisasi di masyarakat.

Profil Ilmuwan dan peneliti di bidang farmasi: lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali ilmu sains dasar dan terapan yang nantinya lulusan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi, dari penelusuran bahan alam, isolasi senyawa aktif, pengujian aktivitas senyawa aktif, sampai dengan desain produk.

Profil pemberi layanan di bidang farmasi yang komunikatif: lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali ilmu dasar ketrampilan teknis untuk menunjang pelayanan farmasi di sarana pelayanan kesehatan di apotek, rumah sakit, klinik, puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya dengan menerapkan ilmu pengetahuan mengenai penyiapan dan peracikan obat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, interaksi obat, DRPs dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah terkait obat serta mampu memberikan solusi untuk mengoptimalkan efektivitas terapi dan meminimalkan resiko.

Profil Pendidik dan pembelajar dalam bidang farmasi: lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali kemampuan teknis untuk dapat menyampaikan ilmu dan gagasan yang dimiliki melalui kegiatan presentasi di dalam perkuliahan berdasarkan kajian ilmiah  sehingga dapat menunjang lulusan untuk dapat menyampaikan dan menerapkan keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat.

Profil Supervisor dalam tim work di bidang farmasi: lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali ilmu soft skill dan kepemimpinan melalui kegiatan organisasi, ekstrakurikuler dan pelatihan kepemimpinan sehingga dapat menunjang mental dalam bekerja secara mandiri maupun tim.

Profil Entrepreneur dalam bidang farmasi: Mendorong penciptaan inovasi dan kreatifitas, lulusan sarjana farmasi STIKES AIAI Cilacap dibekali ilmu kewirausahaan melalui mata kuliah kewirausahaan dan secara aktif ikut serta dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di tingkat regional dan nasional serta aktif dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) bidang bisnis dan kewirausahaan sehingga lulusan akan mempunyai jiwa entrepreneur yang kreatif dan inovatif.

 

2. Profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan.

Peluang bidang pekerjaan yang dapat di isi oleh lulusan Sarjana Farmasi STIKES                   AlAIC, yaitu:

  1. Bidang pengadaan perbekalan farmasi yang meliputi Instansi pemerintah seperti Dinas kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas serta instansi swasta yang meliputi Rumah Sakit swasta dan Klinik swasta;
  2. Bidang produksi sediaan farmasi, yang meliputi Industri obat dan obat tradisional, kosmetik, makanan dan minuman;
  3. Bidang pengendalian mutu dan pengembangan sediaan farmasi, yang meliputi Industri obat dan obat tradisional;
  4. Bidang analisis mutu makanan/minuman dan sejenisnya, meliputi Industri makanan dan minuman;
  5. Bidang pengelolaan dan pendistribusian perbekalan farmasi ke layanan kesehatan, meliputi Pedagang Besar Farmasi (PBF), Distributor Alat kesehatan dan laboratorium, Industri Obat dan Obat tradisional;
  6. Bidang pengembangan tanaman obat, meliputi B2P2TOOT, Instansi swasta budidaya tanaman obat;
  7. Bidang pengawasan produksi dan distribusi obat, jamu, kosmetik, vaksin, obat hewan/veteriner, alat kesehatan, makanan dan minuman, meliputi Dinas Kesehatan, BPOM dan Dirjen Bea Cukai;
  8. Bidang pendidikan kefarmasian, dalam hal ini dapat sebagai pengajar di SMK Farmasi dan laboran di laboratorium pendidikan Farmasi;
  9. Lembaga penelitian seperti LIPI, Perguruan Tinggi dan Kementerian Riset dan Teknologi.
  10. Selain bidang pekerjaan yang tersebut diatas, lulusan Sarjana  Farmasi STIKES AIAI Cilacap  juga dapat berinovasi dalam berwirausaha dibidang kefarmasian, meliputi wirausaha Apotek, toko Obat, Mendirikan PT/CV, distributor alat kesehatan dan laboratorium serta bahan kimia, dan wirausaha di bidang distributor simplisia untuk Industri Obat tradisional dan wirausaha di bidang obat tradisional.

3. Susunan matakuliah per semester berikut bobotnya

Susunan matakuliah Program Studi S1 Farmasi

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2016 Program Studi Farmasi | STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. All rights reserved.