Tentang Prodi S1 Farmasi

PROFIL PROGRAM STUDI S1 FARMASI
STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP

Program studi S1 Farmasi merupakan program studi yang berdiri pada tahun 2014 di STIKES AIAI Cilacap yang diselenggarakan oleh Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap yang mempunyai visi untuk membentuk generasi khoiru ummah. STIKES AIAI Cilacap berusaha untuk mewujudkan gerakan yayasan di bidang pendidikan tinggi kesehatan, dakwah kesehatan dan sosial. Sebagai perguruan tinggi milik Yayasan Sosial Al-Irsyad, STIKES mengemban misi yayasan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi islam dalam bidang kesehatan yang modern dan berkualitas unggulan, yang dapat mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa dan atau siap berkompetisi di pasar kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap memiliki Laboratorium Sains dan Farmasi dan Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Laboratorium Sains dan Farmasi merupakan pengembangan dari lima laboratorium, yaitu Laboratorium Teknologi Farmasi, Laboratorium Kimia Farmasi, Laboratorium Biologi Farmasi, Laboratorium Komunitas dan Pelayanan, serta Laboratorium Farmakognosi. Dengan keberadaan Laboratorium Sains dan Farmasi, diharapkan pelaksanaan tridaharma perguruan tinggi bidang farmasi dapat lebih optimal.

Peran Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap yang nantinya akan menghasilkan sarjana farmasi juga diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan farmasi sekaligus keilmuan agama Islam melalui publikasi artikel ilmiah dalam bidang farmasi. Publikasi ilmiah dari hasil pengkajian terhadap aspek kefarmasian yang ada pada pengobatan islami melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat akan membangkitkan kreativitas dan inovasi civitas akademika. Semua peran tersebut akan diwujudkan dalam kurikulum institusional sehingga keunggulan ilmu dan kompetensi lulusan Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap dapat diaplikasikan dan dikenal oleh masyarakat luas.

Selain dalam konteks keislaman dan dakwah, Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap juga memiliki misi untuk mengarahkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis potensi sumber daya daerah. Sumber daya alam bahari yang menjadi potensi lokal daerah Cilacap akan dikembangkan secara optimal dan berpeluang dijadikan komoditas wirausaha kampus maupun program kewirausahaan mahasiswa. Institusi juga akan mengembangkan bahan baku farmasi alternatif sehingga akan memperkaya komoditas unggulan untuk diproduksi berdasarkan penelitian berbasis farmasi bahari. Penggalian potensi daerah akan dilaksanakan secara terpadu melalui Industri berbasis kampus dengan penelitian dan pengabdian untuk menghasilkan makanan fungsional, bahan baku obat dan kosmetik.

Peningkatan perekonomian masyarakat melalui pengembangan pangan fungsional, herbal, dan bahan baku industri farmasi dapat dilakukan mulai dari skala rumah tangga, industri menengah, maupun industri besar. Oleh karena itu, lulusan sarjana di bidang farmasi mempunyai peluang untuk mengembangkan keterampilannya tidak hanya dalam lingkup industri obat, tetapi dalam industri lainnya yang potensinya dimiliki oleh daerah di Cilacap dan sekitarnya.

Melalui usaha tersebut, maka keberadaan Program Studi S1 Farmasi diharapkan tidak hanya memberikan manfaat untuk civitas akademika kampus maupun institusi dan yayasan. Namun, dalam level yang lebih luas dapat memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan kemandirian perekonomian mayarakat. Proses yang ditempuh akan mengoptimalkan sumber daya alam disertai dengan melakukan transfer ipteks kepada masyarakat yang nantinya akan meningkatkan daya saing bangsa.

Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap yang nantinya akan meluluskan sarjana farmasi yang unggul dan profesional diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pelayanan kefarmasian yang berkualitas. Pelayanan kefarmasian yang berkualitas dapat menunjang terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Kewirausahaan atau entrepreneurship farmasi yang akan dikembangkan oleh Program Studi S1 Farmasi STIKES AIAI Cilacap merupakan upaya yang ditempuh untuk mewujudkan kemandirian perekonomian masyarakat di Indonesia. Melalui desain pembelajaran dan rancangan kurikulum kewirausahaan yang dikembangkan, sarjana farmasi yang dihasilkan diharapkan dapat mandiri dalam berwirausaha. Selain siap pakai dalam lapangan kerja bidang farmasi, kemandirian usaha yang ditunjukkan oleh lulusan akan membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Dalam lingkup nasional, lulusan perguruan tinggi yang berwirausaha akan menurunkan tingkat pengangguran terdidik yang selama ini masih tinggi di Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik yang tersedia sejak tahun 2012-2014, jumlah pengangguran terdidik yang berasal dari universitas mencapai 4,31%. Lulusan di bidang farmasi memiliki kemampuan untuk menggandeng lulusan dalam bidang yang lain untuk membuat usaha baru berdasarkan kombinasi teknologi kefarmasian dan entrepreneurship yang dimiliki. Wujud produk yang dihasilkan dapat berupa produk inovatif pangan fungsional, herbal, dan bahan baku industri farmasi.

Jumlah farmasis saat ini masih kurang dari 10.000 sehingga rasio terhadap penduduk Indonesia lebih kurang 1:20.000, sedangkan di negara lain rasionya jauh lebih kecil, Jepang (1:660), Thailand (1:1.000), Perancis (1:1.300), Amerika Serikat (1:1.430), Australia (1: 1.700), dan Cina (1:5.000). Farmasis di Thailand proaktif memberikan informasi obat dari rumah ke rumah (family pharmacist), untuk aktivitas seperti ini diperlukan jumlah tenaga farmasis yang cukup.

Cilacap, Mei 2015
Ka. Program Studi S1 Farmasi

Septiana Indratmoko, S. Farm., M.Sc., Apt.
NP: 103.1010.737

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2016 Program Studi Farmasi | STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. All rights reserved.