THE POWER OF MARINE PHARMACY

Program Studi S1 Farmasi merupakan program studi baru sejak tahun 2015 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, meskipun baru tetapi sudah mampu berkembang dengan menghasilkan beberapa prestasi yang membanggakan. Salah satunya yaitu berhasil memperoleh dana hibah dari Kemenristek Dikti dengan tahun anggaran 2018 dan tahun pelaksanaan 2019 sebanyak 12 kelompok dengan 6 bidang PKM-Penelitian, 5 bidang PKM-Kewirausahaan, dan 1 bidang PKM-Penerapan Teknologi.Mahasiswa S1 Farmasi dalam PKM-Kewirausahaan dengan Moh Munir Amri sebagai ketua,  Septiana Khusnul Fatima sebagai anggota 1, Juliana Fitriani sebagai anggota 2 telah berhasil membuat dan memasarkan produk dengan memanfaatkan bahan alam bahari dari daun nipah yang melimpah di Cilacap sebagai antioksidan dalam sediaan lotion. Selain itu juga, telah berhasil melakukan penelitian dan membuat produk dalam PKM-Penelitian dengan Fiatun Hanifah Ramadhan sebagai ketua, Wan Arif Wildan sebagai anggota 1, Tiara Ajeng Pramasta sebagai anggota 2 dengan memanfaatkan daun mangrove yang merupakan bahan alam bahari yang ada di pesisir pantai Cilacap sebagai antibakteri dalam sediaan pasta gigi herbal yang mana keduanya dikembangkan dengan sentuhan teknologi nano di bawah bimbingan Bapak Septiana Indratmoko, S. Farm., M.Sc., Apt.

Gambar 1. Foto Tim PKM Munir dkk
Gambar 2. Produk NAHKODA

Tumbuhan nipah (Nypa fruticans) merupakan salah satu tanaman yang mempunyai aktifitas antioksidan alami, antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kulit manusia antioksidan dapat membantu merawat dan melindungi dari pengaruh sinar matahari dan polusi, menetralkan radikal bebas, serta mencegah penuaaan dini. Sekarang ini semakin banyak orang tertarik menggunakan kosmetik herbal karena sifat bioaktif senyawa yang terkandung di didalamnya, salah satu inovasi dalam bidang kosmetik yaitu lotion dimana lotion yang di buat ini mengandung bahan aktif yaitu antioksidan dari alam yang menjadikan produk ini berbeda dengan yang lainnya. Antioksidan ini didapat dari daun tumbuhan nipah (Nypa fruticans) yang dimana biasanya hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat atap, dengan inovasi yang ada ini juga akan menambah nilai jual dan manfaat dari tumbuhan nipah ini.NAHKODA “Nano nipah antioksidan” Lotion merupakan produk inovasi yang dibuat dengan bahan  antioksidan alami yaitu dari ekstrak daun nipah (nypa fruticans) yang dimana nantinya dapat mengurangi efek buruk dari sinar matahari dan radikal bebas.  Lotion ini dibuat menggunakan ekstrak daun nipah (Nypa Fruticans) dengan teknologi nano dimana akan menambah efektifitas antioksidan yang ada pada  sediaan lotion. Manfaat Antioksidan Bagi Kulit Manusia : Menjaga Kesehatan Kulit, Regenerasi sel (Melepas sel kulit mati), Menangkal Radikal Bebas, Mencegah Penuaan Dini.able Subtle 1;

Gambar 3. Foto tim PKM Fiatun dkk
Gambar 4. Produk NaDaMaNis

“NaDaMaNis” Nano Ekstrak Daun Mangrove dan Ekstrak Jeruk Nipis sebagai Pasta Gigi Herbal Antibakteri merupakan inovasi terbaru yang diformulasikan sebagai antibakteri penyebab karies gigi serta untuk kesehatan gigi dan mulut. Pembuatan sediaan pasta gigi herbal antibakteri ini menggunakan ekstrak daun mangrove yang telah dibuat dengan teknologi nanopartikel yang mempunyai ukuran partikel sebesar 10,9nm.

Daun mangrove mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang berfungsi sebagai antibakteri. Dikombinasikan dengan jeruk nipis yang mengandung flavonoid, asam sitrat, minyak atsiri, dan saponin yang juga berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat mengoptimalkan khasiat pasta gigi herbal antibakteri.

Hasil uji sifat fisik sediaan pasta gigi herbal antibakteri memberikan hasil yang baik dan memenuhi sifat fisik sediaan. Hasil pengujian aktivitas antibakteri pada formulasi terbaik telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans dan Candida albicans dan  hal ini didukung dengan uji Ca dalam saliva yang terbukti dapat menurunkan jumlah Ca dalam saliva setelah penggunakan pasta gigi herbal NaDaMaNis sebagai indikator pencegahan pembentukan karies gigi akibat tingginya kandungan Ca dalam saliva.

Alhamdulillah, terima kasih kepada Allah yang begitu baik sehingga tahap demi tahap berusaha terus berkembang akhirnya dapat memperoleh hasil yang baik. Meskipun begitu, usaha terus dan terus berkembang akan dilakukan agar dapat menjadi lebih baik lagi. The Power of “Bahan Alam Bahari”, di atas merupakan 2 dari banyaknya bahan alam bahari di Cilacap yang begitu menarik dan wajib terus dikembangkan dan dimanfaatkan.By: Moh Munir A & Fiatun Hanifah

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

© 2016 Program Studi Farmasi | STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. All rights reserved.